Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib kamu Beli Sebelum Pulang

kota semarang

Pergi liburan kurang lengkap rasanya kalau pulang hanya dengan tangan kosong. Selain cerita menarik, membawa buah tangan alias oleh-oleh juga perlu untuk melengkapi keseruan liburanmu. Begitu juga kalau kamu berencana liburan di Semarang. Selain punya banyak tempat wisata menarik, daerah yang dijuluki sebagai the port of Java ini juga punya makanan-makanan unik yang biasa dijadikan buah tangan.

Kalau gitu, langsung saja kita ulas oelh-oleh apa saja yang wajib dibawa pulang saat liburan di Semarang.

Lumpia

Semarang punya julukan sebagai Kota Lumpia. Ini karena di kota ini ada banyak toko yang menjual makanan ini. Jadi, sudah pasti lumpia jadi itel pertama yang harus kamu beli sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di tempat asal. Lumpia merupakan makanan yang menyerupai rollade. Menurut cerita masyaraka setempat, lumpia merupakan makanan yang diolah oleh orang keturunan Tionghoa yang menetap di Semarang. Makanya, kudapan satu ini memiliki paduan citarasa dari Tionghoa dan Indonesia sekaligus. Biasanya, lumpia dibuat dengan isi yang berbeda-beda. Ada telur, rebung, daging ayam, atau udang. Namun dengan kreatifitas koki-koi handal yang ada di Semarang, sekarang makanan ini tersaji dengan varian rasa yang lebih beragam. Toko pejual lumpia yang banyak dikunjungi wisatawan salah satunya adalah  Loenpia Mbak Lien yang buka di jalan Pemuda Gang Grajen No. 1, Bangunharjo, Pandasari, Semarang Tengah. Meskipun Lumpia sudah banyak dijual di kota-kota lain, membeli lumpia di Kota Semarang langsung akan menawarkan citarasa yang lebih orisinil.

Tahu Bakso

Kalau di daerah lain, tahu bulat yang digoreng di mobil, dadakan, lima ratusan, gurih, enyoy, lagi jadi kudapan yang disukai.  Tapi di Semarang, ada varian tahu yang sudah terkenal sejak tahun 1996. Namanya tahu baxo alias tahu bakso Sesuai namanya, kudapan ini mengedepankan tahu dan bakso sebagai bahan utamanya. Sekilas, camilan yang satu ini terlihat mirip dengan batagor yang terkenal di tanah Pasundan. Tahu Baxo merupakan tahu berisi bakso yang diciptakan oleh masyarakat Ungaran. Tapi, sekarang kudapan ini sudaj menjadi salah satu oleh-oleh terkenal dari Semarang.

Pada dasarnya, proses pembuatan tahu bakso ini sedikit mirip dengan batagor, yaitu sama-sama di goreng. Bedanya, tahu baxo ini akan lebih nikmat dinikmati dengan mencelupkannya ke dalam kecap manis yang ditaburi irisan cabai rawit.Untuk keperluan oleh-oleh, wisatawan akan memilih tahu baxo basah atau yang belum digoreng. Ini karena jenis ini akan bertahan lebih lama. Sedangkan tahu baxo yang sudah di goreng akan terasa nikmat jika disajikan saat fresh from the oven. Kalau ingin membawa oleh-oleh yang satu ini ke rumah, lebih baik membelinya saat liburan hari terakhir. Tujuaannya supaya makanan ini tetap fresh ketika sudah sampai di rumah karena tahu baxo dibuat tanpa bahan pengawet. Untuk mendapat citarasa tahu baxo yang orisinil, belanjalah di Tahu Baxo Bu Pudji yang ada di Ungaran.

Bandeng Presto

Sesuai namanya, Bandeng Presto merupakan makanan berbahan dasar ikan bandeng yang diolah dengan metode presto. Presto adalah cara pengolahan makanan dengan uap air di dalam panci khusus yang tertutup rapat. Kemudian, ikan bandeng tersebut dibumbui dengan rempah-rempah seperti kunyit dan bawang. Selanjutnya, wisatawan tinggal membeli bandeng presto yang sudah di kemas untuk di olah kembali dengan cara di goreng atau sesuai selera.

Keunikan makanan yang dibawa oleh wanita bernama Hanna Budimulya ini adalah teeksturnya yang lembut. Bahkan duri ikan bandeng yang biasanya sangat mengganggu pun berubah menjadi lunak karena dipresto. Salah satu penjual bandeng presto yang bisa kamu kunjungi adalah yang terletak di jalan Pandanaran, Randusari.

Kopi Kelir

Indonesia terkenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di dunia bersama Afrika dan Amerika Latin. Kopi di indonesia pun memilki karakter beragam, tergantung di mana tanaman kopi itu di tanam. Nah, di Semarang juga ada komoditas kopi yang pamornya sudah mendunia. Kopi ini berasal dari perkebunan yang ada di gunung Kelir. Kopi ini mengeluarkan aroma moka yang jarang ditemui pada kopi lain. Aroma inilah yang membuat para bule tertarik untuk merasakan after taste dari kopi Semarang ini. Kopi ini bisa kamu temui di toko-toko kopi yang ada di Semarang. Kalau mau mendapat green bean yang lebih fresh, kamu bisa datang langsung ke petaninya di kaku gunung Kelir.

Setelah membuat daftar oleh-oleh khas Semarang yang akan kamu beli, sekarang tinggal susun itenerary langkap dengan rincian anggarannya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan liburan di Semarang dengan efisien. Selanjutnya, tinggal Cek harga tiket ke Semarang. Jangan lupa, pesan kamar hotel sejak dari tempat asalmu. Untuk mendapat kamar hotel yang nyaman dengan harga terbaik, cari Promo hotel murah di reservasi.com



Kirim Puisi Tanpa Login

Dibaca 34 x, hari ini 1 x

One Response to "Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib kamu Beli Sebelum Pulang"

  1. sekarang di semarang juga ada loh oleh-oleh khas semarang yang kekinian yang terbuat dari olahan wiongko, dan pastinya itu bakalan enak banget, yuk yang belum nyoba segera nyoba biar gk penasaran bisa langusng ke outlet atau kunjungi web kami untuk informasi lebih lengkap

    Reply

Post Comment