Kelebihan dan Kekurangan Lemari Pakaian Plastik serta Cara Merawatnya yang Benar

Lemari pakaian tidak hanya terbuat dari bahan kayu saja, karena lemari pakaian juga bisa dibuat dari berbagai bahan lainnya, misalnya particle board atau juga plastik. Tentunya, masing-masing bahan dasar dari lemari pakaian tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan.

Nah, bicara mengenai lemari, berikut ini kami akan bahas tentang lemari pakaian plastik. Tentang apa saja kelebihan dan kekurangannya maupun  cara merawatnya. Silahkan disimak.

  1. Kelebihan Lemari Pakaian Plastik

Walau lemari plastik seringkali dipandang sebelahmata, dan identik dengan perabotan murah, namun tak sedikit kelebihan yang dimilikinya. Antara lain adalah:

  1. Ukurannya hampir simetris karena cara pembuatannya adalah dengan dicetak
  2. Sulit untuk ditumbuhi jamur, berbeda halnya dengan lemari pakaian yang terbuat dari kayu ataupun particle board
  3. Terdiri dari berbagai warna, bentuk, ukuran serta motif yang menarik sehingga juga bisa mendukung keindahan ruangan
  4. Lemari pakaian plastik ada beberapa bagiannya yang bisa dibongkar dan dipasang sehingga lebih simple, praktis, dan mudah dipindahkan.
  5. Lemari pakaian plastik juga lebih enteng dibandingkan dengan lemari pakaian kayu atau particle board.
  1. Kekurangan Lemari Pakaian Plastik

Dan selain memiliki beragam kelebihan diatas, lemari pakaian plastik tentunya juga memiliki banyak kekurangan. Adapun kekurangan tersebut antaralain:

  1. Sistem penguncian lemari pakaian plastik cenderung kurang kuat
  2. Engsel lemari  pakaian plastik juga cenderung lebih muda rusak
  3. Bahannya yang tipis dan ringan juga meningkatkan resiko kerusakan lemari akibat gigitan tikus
  4. Karena ada bagian yang bisa dibongkar pasang, tentu bagian- bagian tersebut rentan untuk terlepas
  1. Cara Merawat Lemari Pakaian Plastik

Meskipun lemari pakaian plastik memiliki beberapa kekurangan, kekurangan tersebut bisa diminimalisir sehingga umur lemari pakaian plastik juga bisa lebih lama. Tentunya hal ini bisa Anda lakukan dengan cara memberikan perawatan yang benar. Adapun cara merawat lemari pakaian plastik yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda hendak memindahkan lemari pakaian plastik ini ke ruangan atau tempat yang lainnya, sebaiknya lakukan dengan cara diangkat. Jangan lakukan dengan cara mendorong ataupun menyeretnya karena kedua cara tersebut bisa merusak struktur penyusunnya. Ada baiknya sebelum dipindahkan Anda mengeluarkan semua pakaian yang ada di dalamnya terlebih dahulu supaya tidak berantakan
  2. Jangan letakkan barang-barang yang berat di atas lemari pakaian plastik seperti televisi, karena struktur lemari plastik kurang kuat.
  3. Lemari pakaian plastik biasanya tersedia dalam berbagai varian warna. Nah, untuk menjaga agar warna lemari tidak rusak, sebaiknya gunakan kain untuk membersihkan debu yang menempel pada lemari. Anda bisa melakukannya dengan cara mencelupkan kain tersebut ke dalam air kemudian peras kuat-kuat sampai kain terasa agak kering, barulah sapukan pada lemari
  4. Membersihkan debu tidak hanya dilakukan pada bagian luar lemari saja, tetapi pada bagian dalamnya juga. Lakukan dengan cara yang sama seperti pada poin ketiga. Tetapi sebelum Anda menggunakannya kembali (menyimpan pakaian ke dalamnya), pastikan dengan benar bahwa bagian dalam lemari ini sudah sangat kering.

Jika kondisi lemari belum kering, jangan masukkan pakaian Anda terlebih dahulu. Karena ini akan menyebabkan bagian dalam lemari menjadi lembab dan bau.

Nah, itulah ulasan mengenai kelebihan, kekurangan dan cara merawat lemari pakaian plastik. Jangan lupa untuk menyertakan pewangi lemari di dalamnya ya supaya pakaian Anda tetap segar dan tidak berbau saat disimpan dalam waktu yang cukup lama.



Kirim Puisi Tanpa Login

Dibaca 30 x, hari ini 1 x

Post Comment