Inilah Tips Untuk Mengikuti Festival Musik

Mengikuti sebuah acara lomba atau festival musik adalah salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan basis penggemar anda dan menarik perhatian para pelaku industri musik. Menghasilkan karya yang baik adalah indikator utama bahwa anda bukan hanya sebagai musisi yang berbakat, tetapi juga menunjukkan bahwa anda serius dalam bekerja untuk membawa karier musik anda ke tingkat berikutnya.

Namun, tentu terdapat persaingan terbuka untuk band atau kelompok musik independen. Anda harus realistis tentang jenis peluang yang kemungkinan bisa anda capai untuk tingkat karier Anda. Jika tidak, Anda akan menghabiskan banyak waktu dan uang dalam rangka mengikuti festival atau lomba yang belum Anda siapkan dan hasilnya akan sia-sia belaka

Jika anda secara rutin mengadakan pertunjukan langsung dalam cakupan lokal atau regional, maka anda seharusnya merasa cukup percaya diri untuk memimpin kompetisi, apalagi anda memiliki situs web profesional dan profil media sosial yang aktif dengan pengikut yang cukup banyak dan terus berkembang, maka anda sudah saatnya mengikuti festival atau lomba musik.

Berikut ini adalah semua hal yang perlu Anda ketahui bagaimana mempersiapkan diri untuk mengikuti festival terbaik untuk band Anda :

Targetkan bahwa lomba yang akan anda ikuti adalah tepat untuk mempopulerkan musik Anda. Jangan membuat kesalahan umum dengan mengikuti semua festival yang lebih kecil dan pameran lokal. Ini mungkin tampak seperti membiasakan secara sembarang untuk mengikuti setiap festival. Sebaiknya anda tampil sebagai band yang cerdas dan musti selektif memilih yang lebih baik.

Mulailah riset Anda beberapa bulan sebelumnya, dan targetkan festival yang kemungkinan akan memesan genre musik Anda. Cari tahu di mana band-band yang mirip dengan Anda lakukan dan cari direktori festival seperti yang sedang berlangsung saat ini yaitu GoAheadChallenge. Anda dapat membaca infomasi tentang rekti the sigit go ahead people, sebagai figur dibalik acara ini, juga kimokal go ahead people

Mungkin saja Anda menemukan beberapa festival yang tampaknya menjanjikan, lihatlah headliner mana yang telah diumumkan, dan lakukan penggalian pada tindakan indie yang telah dipilih dalam beberapa tahun terakhir.

Apakah mereka berbasis di area yang sama dengan festival  Apakah mereka bisa mengadakan tur secara regional atau nasional sebelum memainkan festival? Seberapa kuat kehadiran media sosial mereka? Apakah mereka mendapat dukungan pers? Apakah mereka diwakili oleh label indie atau major, atau apakah mereka sepenuhnya swadaya?

Cobalah untuk mengidentifikasi tren apa pun di antara band band yang dipilih sebelumnya untuk festival target Anda. Bila perlu pergunakan spreadsheet atau perangkat lunak manajemen artis untuk membuat penelitian Anda agar tetap terorganisir untuk melacak kemajuan pada pengiriman festival target Anda.

Jangan ragu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, tetapi sebaiknya Anda menyertakan setidaknya informasi berikut untuk setiap festival yang Anda minati :

  • Siapkan aplikasi festival Anda “Tidak peduli seberapa bagus musik anda, para pembaca festival tidak akan menganggap Anda serius jika Anda tidak menghadirkan band anda dengan cara profesional”
  • Setelah Anda memiliki daftar festival target yang solid, anda harus memastikan aplikasi anda menonjol. Memiliki musik yang hebat adalah sebagai modal awal, tetapi promotor juga memiliki pertimbangan untuk menentukan tindakan mana yang akan dilakuan.
  • Biografi untuk aplikasi festival sebaiknya yang ringkas, menarik perhatian, dan menyoroti apa yang membuat band ini mengesankan dan unik.
  • Sedikit informasi latar belakang anda boleh saja ditampilkan, tetapi Anda tidak perlu membagikan kisah hidup Anda.
  • Foto profesional sangat diperlukan dan Anda foto dengan kualitas tinggi. Betapapun baiknya musik Anda, pengunjung festival tidak akan menganggap Anda serius jika Anda tidak menghadirkan band Anda dengan cara profesional. Karena Anda tentu juga akan menggunakan foto-foto ini untuk situs web Anda, kit pers digital, dan profil media sosial, itu sangat berharga untuk investasi!
  • Selain foto pers standar, ada baiknya untuk menyertakan beberapa gambar langsung yang menyampaikan energi di panggung Anda. Ini akan membantu promotor memimpikan Anda di panggung festival mereka, sambil juga menampilkan pengalaman kinerja Anda.

Demikianlah semoga bermanfaat.



Kirim Puisi Tanpa Login


Dibaca 24 x, hari ini 1 x

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.