Home / Artikel Komersial / Kenali Jenis Bakteri Baik dan Buruk pada Manusia

Kenali Jenis Bakteri Baik dan Buruk pada Manusia

bakteri

Di kehidupan ini Anda perlu mengenal bakteri baik dan bakteri jahat. Secara umum bakteri yang hidup ada dua macam yakni bakteri baik dan juga bakteri jahat. Pada dasarnya bakteri merupakan sekumpulan mikroorganisme yang hidup namun tidak memiliki membran inti sel serta berjumlah melimpah.

Bakteri ini sebenarnya tidak hanya ada di dalam tubuh manusia melainkan juga hidup di lingkungan sekitar. Bakteri baik merupakan sekumpulan bakteri yang bermanfaat untuk hidup manusia begitu juga sebaliknya bakteri jahat merupakan sekumpulan bakteri yang justru merugikan manusia.

Mengetahui bakteri baik dan bakteri jahat sangatlah penting. Hal ini mengingat tidak semua bakteri bermanfaat untuk hidup manusia dan yang lebih parahnya ada beberapa macam bakteri yang justru menjadi sebab penyakit. Berikut spesifikasi atau pengelompokan bakteri yang hidup di sekitar manusia.

Bakteri penyebab penyakit pada manusia

Ada beberapa jenis bakteri jahat yang perlu Anda waspadai keberadaannya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Salmonella Typhosa. Merupakan jenis bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit tifus yang sering menyerang semua orang dari berbagai kalangan usia.
2. Shigella Dysenteriae. Merupakan jenis bakteri yang menyebabkan penyakit disentri basiller. Organ tubuh manusia yang diserang biasanya saluran pencernaan.
3. Treponema Pallidum. Merupakan jenis bakteri yang menyebabkan penyakit sifilis atau raja singa.

Bakteri baik untuk manusia

Berbeda halnya dengan bakteri sebelumnya, bakteri baik ini justru keberadaannya sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Escherichia Colly. Merupakan jenis bakteri yang hidup di usus besar manusia dan berperan untuk membantu pembusukan sisa makanan serta membentuk vitamin K dan B12.
2. Rhizobium atau Rhizopus. Merupakan jenis bakteri yang memiliki peran untuk mengikat nitrogen pada akar tanaman polong-polongan serta berperan untuk membantu proses fermentasi pembuatan tempe.
3. Acetobacter Xylinum. Anda tahu Nata De Coco? Iya Nata De Coco dalam proses pembuatannya memanfaatkan bakteri Acetobacter Xylinum ini.

Itulah beberapa jenis bakteri baik dan bakteri jahat yang ada di sekitar Anda. Bagi Anda yang menginginkan informasi di dunia kesehatan secara lengkap Guesehat hadir di tengah-tengah Anda. Segala hal yang berbau kesehatan tersaji secara apik dengan fitur menarik.

Di website ini Anda bisa melakukan cek kesehatan secara online hingga mengetahui cara mencegah berbagai penyakit menular. Informasi lebih lengkapnya Anda bisa cek di www.guesehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.