Login

Mengenal Teknologi Laser

teknologi laser

Pengantar Teknologi Laser

Sejak tahun 80-an, laser berdaya tinggi telah memasuki industri pemrosesan material dengan kekuatan penuh karena kemampuannya untuk memotong, mengelas, mengebor, menandai, dan melapisi logam. Teknologi Laser sekarang dapat ditemukan di hampir semua toko yang melakukan operasi semacam ini.

Laser adalah perangkat yang memancarkan cahaya melalui proses yang disebut amplifikasi optik berdasarkan emisi terstimulasi foton. Istilah “laser” adalah akronim:

  • L – Light (Cahaya)
  • A – Amplification by the (Amplifikasi oleh)
  • S – Stimulated (Terstimulasi)
  • E – Emission of (Emisi dari)
  • R – Radiation (Radiasi)
Diagram 1
Diagram 2

 

 

 

 

 

 

Diagram kiri (Diagram 1) menggambarkan seberkas gelombang cahaya khas dari sumber biasa (bola lampu). Orang dapat melihat bahwa gelombang-gelombang ini tidak memiliki hubungan tetap satu sama lain. Cahaya ini dikatakan “tidak koheren”, artinya berkas cahaya tidak memiliki tatanan internal.

Diagram kanan (Diagram 2), di sisi lain, menggambarkan gelombang cahaya dalam sinar laser yang sangat terkolimasi. Semua gelombang individu ini berada dalam langkah (atau “dalam fase”), dengan satu sama lain di setiap titik. “Koherensi” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sifat sinar laser seperti itu.

Tidak seperti cahaya alami dari bola lampu atau matahari yang memiliki banyak panjang gelombang berbeda, sinar laser yang dipancarkan terkenal karena tingkat koherensi spasial dan temporal (atau panjang gelombang) yang tinggi, yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan teknologi lain.

Koherensi Spasial Chicago slitterKoherensi spasial biasanya diekspresikan melalui keluaran berupa berkas sempit yang dibatasi difraksi atau berkas lurus. Sinar dapat difokuskan dengan lensa ke titik-titik yang sangat kecil, mencapai radiasi yang sangat tinggi (energi per area) atau mereka dapat diluncurkan ke sinar dengan divergensi (ekspansi) yang sangat rendah untuk memusatkan kekuatannya pada jarak yang jauh ( yaitu bulan atau Menara Sears).

Koherensi temporal (atau longitudinal) menyiratkan gelombang terpolarisasi pada frekuensi tunggal yang fasenya berkorelasi pada jarak yang relatif besar (panjang koherensi) di sepanjang balok. Sebuah sinar yang dihasilkan oleh termal atau sumber cahaya inkoheren lainnya memiliki amplitudo sesaat dan fase yang bervariasi secara acak terhadap waktu dan posisi, dan dengan demikian panjang koherensi yang sangat pendek.
Seiring berjalannya waktu, kami akan memperkenalkan lebih banyak buletin pendidikan mengenai teknologi yang berkaitan dengan bagaimana mereka berfungsi serta sistem laser yang akan dipasang di perusahaan.

Kemajuan terbaru dalam teknologi pemotongan laser telah menciptakan alternatif yang layak untuk pemotongan (laser cutting) mekanis blanko yang dikembangkan dari stok kumparan lembaran logam.  Penyedia Jasa laser cutting dapat menghubungi Mitralaserindo

Pada suatu waktu pemotongan laser terlalu lambat untuk blanko yang dikembangkan dan hanya digunakan untuk prototipe dan produksi volume rendah dari blanko lembaran logam berbentuk kompleks. Misalnya, 10 tahun yang lalu, peralatan pemotongan laser biasanya dapat memotong baja 1mm dengan kecepatan 30m/menit, hari ini kecepatannya berlipat ganda! Kecepatan potong sekarang telah meningkat ke titik di mana proses dapat mengakomodasi volume tinggi, menciptakan segmen pasar yang sama sekali baru dan serangkaian peluang dalam industri pemrosesan kumparan baja.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.