Login

Apa Yang Harus DIperhatikan Dalam Memelihara Ikan Koi ?

Ikan Koi adalah jenis ikan mas khusus yang awalnya dibudidayakan di Jepang dan semakin mendapatkan penggemar di seluruh dunia. Memelihara koi adalah urusan kompleks yang membutuhkan banyak pengalaman. Karena ukuran dan warna menentukan nilai ikan Koi, harus ada kondisi ideal bagi koi untuk tumbuh hingga ukuran yang cukup besar dan mengembangkan warna yang sangat indah.

Di dalam kolam yang ideal, ukuran, lokasi, dan struktur kolam memainkan peran utama. Selain itu, kualitas air dan pemberian pakan yang tepat sangat penting. Jika dipelihara dengan baik, koi bisa hidup sampai usia tua (panjang umur). Harapan hidup rata-rata adalah 50 hingga 70 tahun, tetapi ada koi tertua yang umurnya lebuh 200 tahun.

Kolam Ikan Koi

Apa yang harus dipertimbangkan ketika memelihara koi, kebanyakan koi disimpan di kolam besar, sebagian besar dibuat khusus di udara terbuka. Memelihara mereka di akuarium dimungkinkan, tetapi biasanya tidak sesuai spesies, karena ikan menjadi sangat besar dan tidak memiliki cukup ruang bahkan di akuarium yang sangat besar. Kolam ikan koi alami yang besar adalah solusi terbaik agar hewan merasa nyaman dan dapat berkembang biak. Jika Koi dipelihara dengan cara yang sesuai spesies, ikan disimpan dalam kelompok, pemeliharaan individu tidak dianjurkan.

Harus ada setidaknya empat sampai lima spesimen di kolam. Aturan praktisnya adalah bahwa setidaknya 1.000, lebih baik lagi 1.500 liter air yang dibutuhkan per ikan. Jika populasi terlalu padat, ada risiko penyebaran penyakit atau infestasi parasit akan meningkat dengan cepat.

Jika ikan akan tetap berada di kolam di musim dingin ketika suhu di bawah nol, kedalaman air harus cukup. Kedalaman kolam koi setidaknya harus 130 sentimeter, tetapi lebih baik jika kedalaman airnya antara 180 dan 200 sentimeter. Hanya dengan begitu ikan akan memiliki cukup ruang dan dengan demikian kesempatan untuk bertahan hidup, bahkan ketika permukaan air membeku. Area minimal 25 meter persegi memastikan kebebasan bergerak yang cukup untuk populasi kecil; jika ada beberapa spesimen, kolam tentu saja harus dibuat lebih besar. Jika hewan menahan musim dingin di rumah, tangki karantina besar diperlukan di ruang bawah tanah. Namun, memindahkan ikan bukan tanpa masalah dan dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan bahkan penyakit. Setiap perubahan lokasi berarti stres bagi hewan dan karenanya harus dijaga seminimal mungkin.

Saat menyiapkan kolam koi, pastikan tidak langsung di bawah sinar matahari atau di tempat teduh. Sebuah naungan parsial menawarkan kondisi terbaik. Di bawah sinar matahari langsung, air akan menjadi terlalu panas dan ada risiko kuman dan karena itu terlalu sedikit oksigen. Saat menanam di sekitar kolam, berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak pohon gugur di dekatnya. Bahkan tumbuhan runjung yang kehilangan jarum tidak termasuk dalam kolam koi. Daun yang jatuh harus dikeluarkan dari air karena mempengaruhi kualitas air. Oleh karena itu, bambu atau alang-alang Cina sangat cocok untuk menaungi kolam.

Penanaman kolam dapat memiliki fungsi filter yang penting. Namun, tanaman yang lebih kecil dan lunak dimakan langsung oleh koi. Penanaman bunga lili air yang sangat kuat telah membuktikan dirinya. Daunnya yang besar memberikan keteduhan pada saat yang sama dan melindungi ikan dari sengatan matahari di musim panas, yang dapat terjadi di bawah sinar matahari karena airnya yang jernih. Kemungkinan lain adalah membuat saluran yang tidak dapat diakses oleh koi. Tumbuhan air bisa ditanam di sini. Air diumpankan melalui saluran ke kolam melalui pompa dan disaring melalui tanaman pada saat yang bersamaan.

Koi bisa menjadi sangat percaya diri, terutama ketika mereka masih muda, karena mereka sering berenang di permukaan air. Ini menempatkan mereka pada risiko di luar rumah dari kucing atau bangau yang menangkap ikan di air. Jaring yang dibentangkan melintasi kolam dapat membantu. Pagar listrik juga telah membuktikan diri dalam praktik. Bangau tiruan sebagai pencegah, di sisi lain, telah terbukti hampir tidak berguna.

Gila Koi

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.