Gangguan Kesehatan yang Dapat Disembuhkan oleh Fisioterapi Menurut SehatQ.com

Fisioterapi merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan dengan cara merawat dan membantu pasien untuk mengembalikan kembali fungsi serta gerakan bagian tubuhnya yang mengalami luka, sakit, maupun kehilangan kemampuan tubuh. Bukan hanya itu saja, fisioterapi juga berguna untuk mengurangi resiko terluka maupun sakit pada kemudian hari. Perawatan yang satu ini dilakukan dengan beberapa cara, misalnya seperti adanya gerakan, latihan, edukasi, saran, serta terapi manual. Semua kalangan pasien dari berbagai umur bisa mengikuti terapi yang satu ini. Perawatan fisioterapi sendiri akan dipandu oleh seorang terapis berpengalaman yang akan membantu pasien untuk mengatasi rasa sakit yang dideritanya.

Fisioterapi sendiri merupakan terapi yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan serta pendekatan secara keseluruhan terhadap kesehatan maupun kesejahteraan, termasuk juga gaya hidup pasien secara umum. Sementara itu, pasien juga bisa melakukan terapi yang satu ini untuk mengelola kondisi medis yang ia alami dalam jangka panjang, misalnya seperti asma. Bukan hanya itu saja, pasien juga bisa melakukan fisioterapi ketika sedang melakukan persiapan untuk bersalin. Lantas, gangguan kesehatan apa saja yang bisa disembuhkan dengan fisioterapi? Berikut ini jawabannya!

  1. Cedera sendi

Gangguan kesehatan yang satu ini merupakan salah satu masalah yang paling sering diatasi menggunakan fisioterapi. Untuk bisa membuat rasa nyeri reda, maka diperlukan pijatan maupun terapi panas dan dingin yang akan membantu pasien. Hal ini akan membuat pasien yang memiliki masalah pada sendi tulang belakang mendapatkan kekuatan inti mereka untuk melindungi intervertebral disc.

  1. Arthritis

Seseorang yang menderita osteoartritis juga bisa diberikan pijatan dan penggunaan modalitas fisioterapi, seperti misalnya panas serta ultrasound. Selain itu, terdapat juga hidroterapi alias latihan yang dilakukan dalam air hangat yang berfungsi untuk membantu pasien mengurangi rasa nyeri arthritis sekaligus meningkatkan mobilitas pada bagian sendi.

  1. Masalah pada punggung

Seseorang yang memiliki masalah pada bagian punggung juga bisa mendapatkan pengobatan fisioterapi berupa pijatan, terapi titik pemicu, akupuntur, serta penggunaan corrective sports tape yang berfungsi untuk memperbaiki postur tubuh.

  1. Penyakit kardiovaskular dan diabetes

Melalui adanya latihan fisioterapi, seseorang yang menderita penyakit kardiovaskular maupun diabetes bisa lebih terbantu. Soalnya, metabolisme tubuh akan dipercepat. Selain itu, glukosa juga akan bergerak untuk masuk ke dalam sel secara lebih mudah. Jadi, hal ini secara otomatis akan membantu tubuh untuk mengurangi kadar gula darah.

  1. Inkontinensia

Inkontinensia merupakan sebuah gangguan kesehatan yang membuat seseorang tidak mampu untuk menahan buang air. Tidak jarang, pasien yang menderita inkontinensia merasa malu sehingga memilih diam dibandingkan harus mengangkat topik yang satu ini. Padahal, solusi berupa fisioterapi yang bisa memberikan efek signifikan untuk menghilangkan inkontinensia tanpa adanya pembedahan. Pengobatan inkontinensia melalui fisioterapi ini bisa mencakup latihan seperti latihan dasar panggul khusus serta pemberian saran mengenai kebiasaan gaya hidup pasien, yakni kebiasaan makan dan minum.

  1. Pencegahan cedera

Sering kali, pasien yang meminta tindakan fisioterapis ialah mereka yang mengalami cedera. Sementara itu, banyak dari cedera tersebut yang bisa dicegah apabila mereka datang sebelum mengalami cedera.

  1. Gangguan muskuloskeletal dan multiple sclerosis

Fisioterapis memiliki berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri menggunakan teknik-teknik seperti mobilisasi sendi, peregangan otot, terapi titik picu, serta pengobatan dengan panas maupun akupuntur. Hal ini tentu akan membantu pasien untuk memulihkan kembali kekuatan dan kemampuan fungsi normal otot mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.