Berikut Top 5 Pelatih Terbaik di Dunia Sepak Bola, Simak!

Sir Alex Ferguson
source gambar : bola.okezone.com

Membahas seputar dunia sepak bola memang selalu menjadi topik yang menarik, baik berita sepak bola Indonesia mau pun luar negeri. Kali ini kita tidak akan membahas sepak bola secara teknis, melainkan membahas beberapa orang yang berkompeten dalam dunia sepak bola, siapa lagi jika bukan seorang pelatih. Kita semua tahu bahwa, pelatih merupakan otak dari strategi dan keberhasilan dalam sepak bola.

Beberapa dari pelatih tersebut memiliki prestasi yang luar biasa dengan mangantarkan klubnya meraih kejuaraan. Nah daripada berlama-lama, berikut informasi dan berita sepak bola Indonesia maupun luar negeri. Langsung saja berikut top 5 pelatih terbaik di dunia sepak bola.

  1. Jock Stein (26 Trofi)

Di posisi pertama sebagai pelatih terbaik di dunia yang akan kita bahas adalah Jock Stein, dimana ia merupakan pelatih yang berasal dari negara Skotlandia. bisa dikatakan ia telah menyabet semua trofi, berasama Glasgow Celtic. Sejak 13 tahun ia menjadi pelatih yakni tahun 1965-1978, ia berhasil mendapatkan 10 trofi di Liga Skotlandia. selain itu ia juga pernah mendapat satu gelar Liga Champian pada tahun 1966-1967. Hal itu membuatnya menjadi salah satu pelati terbaik di dunia sepak bola dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik oleh dunia sepak bola.

  1. Baleriy Lobanovski (29 Trofi)

Di posisi berikutnya disusul dengan Baleriy Lobanovski yang berasal dari Eropa Timur yakni, Unisoviet. Tercatat bahwa, sepanjang perjalanan karir Baleriy Lobanovski sejak tahun 1969-2001, ia berhasil memanangkan 29 trofi. Pada 13 Mei 2002 ia meninggal dunia di usianya yang menginjak 63 tahun. Ia dikenal sebagai pelatih yang kompeten dan berprestasi sebab selalu berhasil meraih prestasi dan pernah mengantarkan Dynao Kieb juara Piala Winner pada tahun 1975 dan 1986. Tak bisa dipungkiri lagi, ia merupakan pelatih legendaries yang berprestasi.

  1. Joseph Guardiola (30 Trofi)

Kalau pelatih yang satu ini sih kamu pasti sudah pada tahu bukan? Ya, Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Ketika usianya baru 50 tahun, ia sudah berhasil memenangkan 30 trofi. Untuk prestasinya di bidang sepak bola memang sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan Pep diprediksi akan menjadi pelatih dengan julukan sebagai gelar juara terbanyak suatu saat nanti.

Yang paling berkesan selama ia menjadi pelatih adalah ketika Pep Guardiola menjadi pelatih Barca pada era 2008-2012. Ketika itu, ia berhasil mendapatkan 14 trofi dalam kurun waktu empat tahun saja, selain itu ia berhasil mengantarkan Barca meraih trofi Liga Champion.

  1. Mircea Lucescu (34 Trofi)

Ayolah, tidak mungkin kamu tidak mengenal pelatih berprestasi yang satu ini. Ya, Mircea Lucescu merupakan salah satu pelatih dengan prestasi yang luar biasa. Tercatat bahwa selama 12 tahun bersama Shaktar Donetsk, ia berhasil menyumbangkan 22 gelar bagi Shakhtar Donetsk. Pelatih kelahiran Rumania ini memang pantas dijuluki pelatih terbaik di dunia.

  1. Sir Alex Ferguson (48 Trofi)

Apa perlu kita membahas satu persatu prestasi dari pelatih ini? Rasanya akan terlalu panjang untuk dibahas, pasalnya Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki oleh dunia sepak bola bersama Manchester United. Ia tercatat sudah meraih 48 trofi selama kurun waktu 239 tahun (1974-2013). Kepopulerannya juga kalah besar dibandingkan dengan prestasinya, maka dari itu ia sangat pantas dikenal dunia.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar top 5 pelatih terbaik di dunia sepak bola. Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.