8 Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami dan Terbukti Efektif

7 Cara Mudah Mengobati Mata Minus / Rabun Jauh Secara Alami

Cara mengurangi mata minus yang kerap dipilih masyarakat adalah operasi, laser, hingga mengganti kacamata dengan lensa. Meskipun terbilang cukup efektif, untuk sebagian orang, cara tersebut bisa jadi sulit dilakukan karena persoalan biaya, sebagai alternatif lain cara alami berikut ini bisa dicoba untuk mengurangi mata minus.

  • Istirahat yang Cukup

Menurut banyak pakar kesehatan, kekurangan tidur dapat berefek negatif pada kondisi mata, terlebih untuk orang yang mengalami miopia. Oleh karena itu, istirahat yang cukup sangat penting dilakukan orang-orang dengan kondisi mata minus, dengan istirahat yang cukup, Anda bisa mengurangi tingkat mata minus secara alami.

 

  • Rutin Mengonsumsi Jus Buah Bit

Buah bit diperkaya dengan berbagai nutrisi baik yang mampu menunjang kesehatan mata. Untuk diketahui, buah bit merupakan sejenis umbi-umbian yang mempunyai kandungan lutein atau zeaxanthin.

Kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan makula dan juga retina. Buah ini juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan baik untuk mencerahkan indra penglihatan.

 

  • Lakukan Senam Mata

Senam mata sangat baik dilakukan oleh tiap-tiap orang, terutama yang mempunyai mata minus. Hal ini dilakukan untuk menstimulasi otot mata sehingga bagian tersebut bisa berangsur normal.

Cara paling sederhana bisa dilakukan dengan rutin mengedipkan mata beberapa kali sebelum tidur. Anda bisa berkedip sebanyak 100 kali dengan jeda 10 detik per 10 kedipan.

 

  • Kurangi Menatap Layar Monitor

Guna memaksimalkan cara mengurangi mata minus yang dilakukan, jangan lupa untuk mengurangi kebiasa menatap layar monitor. Baik itu komputer, laptop, smartphone, televisi, dan alat-alat yang bisa menyebabkan mata terkena radiasi.

Sebagai saran untuk mencegah minus bertambah, lakukan pijatan kecil pada bagian bawah mata setiap selesai menggunakan alat-alat tersebut.

 

  • Biasakan Menjemur Mata di Pagi Hari

Membiasakan menjemur mata di pagi hari akan sangat baik untuk kesehatan penglihatan. Terdengar mudah, tetapi kerap dirasa sulit dilakukan karena berbagai alasan, bukan?

Jika merasa begitu, buat jadwal setidaknya 5 menit per hari di antara jam 7 hingga 9 pagi. Hal itu dilakukan agar asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh benar-benar terpenuhi.

 

  • Konsumsi Wortel Secara Rutin

Sebagaimana diketahui, wortel merupakan salah satu makanan dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Karenanya, mengonsumsi wortel akan sangat baik untuk kesehatan mata Anda.

 

  • Relaksasi Mata dengan Timun atau Daun Sirih

Cara mengurangi mata minus berikutnya bisa dengan melakukan relaksasi di bagian tersebut. Dasarnya, metode relaksasi bisa dilakukan hanya dengan menggosokkan telapak tangan kemudian menempatkannya ke mata langsung.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan timun atau daun sirih agar mata lebih rileks saat diistirahatkan. Jika menggunakan timun, Anda bisa langsung mengirisnya dan menempatkan satu potongan tipis di mata.

Sementara untuk daun sirih, bisa ditempelkan langsung ke mata setelah dicuci atau dihangatkan terlebih dahulu di atas api. Itu dilakukan agar zat yang terdapat di daun sirih bisa terasa lebih meresap ke mata.

 

  • Lepas Kacamata saat Tidak Dibutuhkan

Terakhir, untuk mengurangi mata minus, biasakan untuk melepas kacamata jika barang tersebut tidak dibutuhkan, apalagi saat tidur. Menggunakan kacamata di waktu tersebut bisa menjadikan peluang minus meningkat lebih besar.

Oleh karenanya, pastikan poin kedelapan ini dilakukan. Selain menerapkan beberapa poin ini, alternatif alami lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi suplemen sehat.

Realfood, minuman sarang burung walet, bisa dikonsumsi secara rutin sebagai salah satu cara mengurangi mata minus. Selain menunjang kesehatan mata, minuman bernutrisi ini juga baik untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.