5 Tips Belanja di Lazada Agar Tidak Tertipu

Kredivo Tidak Muncul di Lazada : 6 Penyebab & Cara Mengatasi -  Proseskredit.com

Belanja online saat ini menjadi salah satu kebiasaan baru yang meningkat sejak kondisi pandemi di tahun 2020. Wajar jika saat ini belanja kebutuhan harian pun bisa secara online. 

Nah, salah satu ecommerce yang sering memberikan promo terbaik misalnya seperti Lazada. Namun, tetap saja kamu perlu hati-hati dengan beberapa oknum penjual dan melaporkannya pada pihak Lazada.

Enaknya lagi, kamu bisa memanfaatkan cicilan Lazada dengan bunga yang rendah. Nah, agar kamu tetap bisa belanja dengan aman di Lazada dan tidak tertipu oleh oknum nakal, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini. 

1. Baca Ulasan

Cara paling mudah adalah dengan membaca ulasan secara lengkap. Jangan hanya terpaku pada ulasan-ulasan bintang lima, tapi juga cek ulasan dengan rating paling rendah sehingga kamu bisa menilai dengan lebih bijak apakah memang aman membeli dari ulasan-ulasan yang sudah kamu baca.

Cek juga kecepatan penjual dalam menangani masalah misalnya soal packing, pengiriman hingga cara penjual menangani komplain. Dari histori itulah kamu bisa menilai sebuah toko atau penjual apakah benar bisa dipercaya atau malah sebaliknya. 

2. Cek Penjual

Cek reputasi penjual dengan mengetik nama toko di Google. Bisanya, beberapa korban akan melaporkan penjual di media konsumen. Nah, histori ini juga menjadi salah satu indikator yang membantu kamu dalam mengidentifikasi penjual. 

Intinya jejak-jejak pembelian dari konsumen sebelumnya perlu diteliti dulu agar tidak menjadi korban. Langkah yang mungkin agak merepotkan namun sangat membantu apalagi jika harga barang yang dibeli termasuk harga yang cukup besar hingga jutaan rupiah. 

3. Baca Keterangan Gambar dengan Teliti

Keteledoran pembaca serta ketidaktelitian dalam membaca informasi produk seringkali menimbulkan masalah komunikasi terutama saat barang sudah dikirimkan. 

Biasanya hal ini terkait dengan spesifikasi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pembeli. Padahal mungkin penjual sudah memberikan informasi rinci terkait warna, ukuran hingga modelnya. Namun, lagi-lagi tetap harus dicek informasi barang dan disesuaikan dengan gambar yang ditampilkan.

Kadang-kadang ada ukuran barang yang tidak sesuai dengan harapan. Menghindari hal tersebut bisa kamu pastikan lewat chat atau komentar di lapak penjual supaya lebih yakin dengan spesifikasi yang ditawarkan. 

4. Pilih Metode Pembayaran Tepat

Seringkali kita melihat beberapa video yang viral karena pembelian barang dengan sistem COD. Meskipun ada keuntungan tapi bukan berarti tidak ada kelemahannya. Dengan COD, barang bisa langsung diperiksa kemudian dibayarkan. Namun, disinilah letak kesalahan komunikasi antara penjual dan pembeli terkait spesifikasi barang.

Maka, paling aman adalah dengan menggunakan metode pembayaran yang tepat. Misalnya dengan menggunakan cicilan Lazada. Saat barang belum dikonfirmasi, uang yang ditahan bukan uang kita melainkan uang kreditur atau fintech. Sehingga kita tidak perlu khawatir uang tidak kembali karena jika barang gagal dikonfirmasi karena alasan tertentu, uang otomatis akan dikembalikan.

Salah satu yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan Kredivo. Kamu bisa belanja apa saja di Lazada menggunakan Kredivo. Bunga cicilan hanya 2.6% per bulan dengan pilihan tenor 6 dan 12 bulan. Khusus untuk bayar dalam 30 hari atau tenor 3 bulan, tidak dikenai bunga tapi hanya cukup bayar biaya admin 1% per bulan. Limit kredit yang disediakan hingga Rp30 juta bagi member premium. 

5. Pastikan Bertransaksi Tidak di Luar Platform Lazada 

Jangan sesekali mau digiring bertransaksi di luar platform yang sudah disediakan oleh Lazada. Pastikan tetap menggunakan platform yang ada di Lazada. 

Kerapkali pembeli dijebak oleh penjual nakal yang diiming-imingi harga beli yang lebih rendah dibandingkan dengan platform Lazada. Cara ini memang cukup ampuh karena sensitivitas harga, tapi itulah modus yang dilakukan oleh oknum-oknum penjual nakal. Jika ada modus seperti ini bisa kamu laporkan langsung lewat jalur resmi Lazada. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.