Home / Artikel Komersial / Inilah Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Saat Jari Teriris Pisau

Inilah Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Saat Jari Teriris Pisau

teriris pisau

Pisau menjadi salah satu senjata andalan para ibu-ibu dalam menyiapkan berbagai sajian nikmat untuk keluarga. Namun karena ada sedikit kesalahan saat memotong sayur atau bahan makanan lainnya, tak jarang pisau mengenai bagian jari dan menyebabkan luka. Luka akibat teriris pisau akan membuat bagian kulit tersayat dan membuat darah segar mengalir. Hal ini tak jarang membuat panik, terlebih jika luka terlalu dalam dan darah tak kunjung berhenti.

Menyikapi hal ini, sebaiknya langkah pertama adalah jangan panik terlebih dahulu. Namun sebaliknya, Anda harus melakukan pertolongan pertama pada luka jari terpotong pisau tersebut. Adapun langkah-langkahnya bisa Anda ikuti yang berikut ini:

  1. Tetap tenang dan jangan panik terlebih dahulu.
  2. Hentikan pendarahan dengan menekan bagian yang terluka dengan menggunakan tissue atau kasa bersih. Tekan selama kurang lebih 5 menit hingga darah berhenti. Jika pendarahan tetap banyak tidak kunjung berhenti, segera bawa ke IGD.
  3. Bilas luka dengan air bersih yang mengalir kurang lebih 10-15 menit hingga bersih dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, seperti karat, dll.
  4. Untuk luka irisan pisau yang terlalu dalam dan luas, segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah perlu dijahit atau tidak.
  5. Untuk luka irisan pisau yang ringan dan tidak terlalu dalam, setelah pendarahan selesai dan dicuci bersih, maka Anda bisa mengoleskan betadine pada luka, untuk kemudian membalutnya dengan plester.
  6. Untuk luka benda tajam dan berkarat, sebaiknya bawa ke dokter agar mendapatkan suntikan anti tetanus, terutama pada luka goresan pisau yang terlalu dalam dan besar.

Luka teriris pisau memang sering menjadi bagian dari kecelakaan kerja maupun aktivitas yang terjadi. Untuk mengantisipasi terjadi hal yang serupa atau kejadian lain yang tidak diinginkan, Anda perlu siap sedia dengan berbagai obat-obatan dan benda penunjang lainnya. Karena dikhawatirkan luka yang tidak ditangani sesegera mungkin bisa menyebabkan infeksi yang berujung pada kondisi luka yang serius. Untuk mengantisipasi luka iris yang parah dan harus menggunakan kasa untuk menutup luka, Anda bisa menyediakan obat luka tidak lengket di kasa.



Kirim Puisi

Dibaca 30 x, hari ini 1 x

About Doni Bastian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Hadapi Anak yang Sulit Makan Dengan Cara-cara Berikut

  Memberikan makan anak bukanlah perkara yang mudah. Selain perlu memperhatikan nutrisi ...