Ini Alasan Mesin Vacuum Sealer Bikin Makanan Awet dan Fresh

mesin vakum pengemas makanan agar tetap awet dan fresh

Vacuum sealer adalah mesin atau alat yang digunakan untuk menghilangkan atau menyedot udara sehingga mengurangi proses oksidasi. Fungsi mesin vacuum sealer sangat baik digunakan untuk memperlambat perkembangan mikroorganisme karena tekanan oksigen yang rendah.

Dengan menghilangkan udara, mikroorganisme tidak dapat berkembang, sehingga proses pembusukan akan berlangsung lebih lambat daripada biasanya. Biasanya, bahan makanan hanya tahan beberapa hari saja tanpa dilakukan proses vacuum sealing, sedangkan jika dilakukan vacuum sealing, bahan makanan akan lebih awet hingga dua hingga tiga minggu.

Untuk rendang sendiri, sebenarnya dapat bertahan lama tanpa di vakum, namun harus disimpan dalam keadaan beku. Namun, jika menggunakan vacuum sealer yang bagus, maka rendang akan tetap awet hingga dua minggu.

Tidak hanya rendang, vacuum sealer yang bagus juga dapat membantu proses pengawetan makanan lain seperti bakso, kerupuk, sosis, presto, ikan, dan beras. Makanan tersebut tidak hanya awet disimpan, namun juga tetap terlihat segar meskipun dalam jangka waktu yang lama, maka Anda memerlukan mesin vacuum sealer yang bagus.

 

Macam-macam Vacuum Sealer yang Bagus yang Tersedia di Pasaran

Vacuum Sealer DZ-280A

Mesin vacuum sealer ini merupakan mesin vakum yang cocok untuk skala kecil seperti industri rumah tangga atau UKM pemula. Alat ini dapat mengepakkan kemasan dengan panjang hingga 28 cm, ketebalan hingga 8 mm, dan berat bersih hingga 2,4 kg. Harga normal dari mesin ini biasanya Rp 850 ribu dan saat ini sedang dalam promosi di Wiratech dengan harga Rp 672 ribu.

Vacuum Sealer DZ-300A

Sama dengan tipe DZ-280A, mesin ini dikhususkan untuk skala rumah tangga atau UKM pemula. Alat ini dapat menyegel kemasan dengan panjang hingga 28 cm, ketebalan hingga 8 mm dan berat bersih hingga 2,4 kg. Perbedaan dari mesin ini adalah dilengkapi dengan tabung untuk menampung cairan atau partikel yang tersedot dalam proses vacuum sealing.

Portable Vacuum Machine DZ-260T

Mesin vacuum ini mengadopsi sistem pompa vakum yang modelnya yang compact, sehingga membuatnya hemat tempat. Mesin ini mudah dibawa kemana saja karena bersifat portable. Harga jualnya biasanya mencapai 10 juta rupiah. Mesin ini mampu mengepakkan dengan lebar 260 mm, ketebalan mencapai 10 mm dan berat bersih produk yang dapat di-vacuum sealing hingga 35 Kg.

Portable Vacuum Machine DZ-400/ZT

Sama dengan tipe DZ-260T, mesin ini mengadopsi sistem pompa vakum dengan model yang compact, sehingga membuatnya hemat tempat. Selain itu, karena sifatnya yang portabel, mesin ini mudah untuk dipindahkan. Harga mesin ini biasa dijual dengan harga Rp 12 juta rupiah.

Coffee Vertical Vacuum Machine DZ-280/C

Berbeda dengan mesin vacuum biasanya yang menyegel kemasan dengan posisi horizontal, mesin ini dapat digunakan untuk melakukan vacuum sealing dengan posisi vertikal. Artinya, posisi dari produk ditempatkan tegak ke dalam mesin vacuum kemudian ditutup untuk disegel dalam beberapa detik. Mesin ini biasanya digunakan untuk vacuum sealing kemasan teh, kopi, atau jagung.

Vacuum Machine DZ-400/2E I DZ-500/2E

Ini adalah jenis vacuum sealer yang paling laris di pasaran dan sangat dibutuhkan untuk proses vacuum sealing secara rutin. Mesin ini dapat mengepakkan kemasan dengan panjang hingga 40 cm, ketebalan 10 mm, dan berat bersih hingga 110 kg.

Vacuum Machine DZ-800/2L I 1100/2L

Mesin vacuum ini memiliki chamber yang besar dan dua buah seal bar, yaitu satu pendek dan satu panjang. Sangat cocok digunakan untuk melakukan vacuum sealing pada kemasan dengan ukuran yang besar (jumbo). Contohnya, tipe DZ 800/2L dapat mengepakkan dengan ukuran 580 & 680 mm, sementara tipe DZ 1100/2L dapat mengepakkan dengan ukuran 570 & 680 mm.

External Vacuum Machine DZ-800 W

Mesin vacuum ini menggunakan proses vacuum sealing eksternal yang cocok untuk produk yang sangat besar dan berat. Karena dapat mengepakkan kemasan dengan lebar hingga 80 cm, ketebalan 10 mm, dan rata-rata vacuum pump mencapai 20 m3/h.

Continuous Vacuum Machine HVB-1020F/2

Berbeda dengan mesin vacuum lainnya yang harus melakukan penyegelan satu per satu, mesin tipe ini dapat mengepakkan secara terus-menerus. Artinya, setelah kemasan pertama sudah disegel, kemasan kedua dan ketiga harus sudah disiapkan. Mesin ini mampu mengepakkan hingga 4-8 kemasan per menit. Untuk ukuran kemasan yang dapat di-vacuum sealing, mesin ini mampu untuk kemasan yang panjangnya 102 cm.

Mesin Q-Nitrogen

Mesin ini cocok digunakan untuk vacuum sealing makanan yang sudah hancur seperti keripik, karena setelah proses vacuum sealing plastik akan diisi dengan gas nitrogen sehingga menjadi mengembang dan tidak akan merusak makanan di dalamnya.

 

Cara Mengawetkan Rendang dengan Menggunakan Vacuum Sealer

Siapa yang tidak menyukai rendang? Makanan yang terbuat dari daging yang diolah ini sangat populer hingga ke mancanegara. Bahkan, rendang dianggap sebagai makanan favorit dunia. Namun sayangnya, rendang tidak awet jika harus diekspor. Oleh karena itu, dibutuhkan alat yang dapat mengawetkan rendang, yaitu vacuum sealer.

Vacuum sealer yang bagus dapat digunakan untuk mengawetkan rendang hingga beberapa bulan. Sehingga rendang dapat dibisniskan. Terutama saat lebaran atau musim haji, sudah tidak asing lagi bagi beberapa pebisnis untuk memulai peluang usaha dalam bisnis rendang kemasan. Tentunya, usaha ini membutuhkan alat pengawet seperti vacuum sealer.

Mengawetkan rendang dapat dilakukan dengan menggunakan jenis vacuum sealer seperti Vacuum Machine DZ-400/2E I DZ-500/2E. Caranya dengan meletakkan kemasan rendang ke dalam mesin, kemudian mengatur waktu pemvakuman. Semakin lama waktu pemvakuman, tingkat pemvakuman akan semakin tinggi. Namun, tidak boleh terlalu lama juga karena bisa merusak jika terlalu lama divakum. Biasanya, waktu penyegelan berkisar antara 25 detik per sekali vakum.

Mesin vacuum ini tidak hanya digunakan untuk makanan, tetapi juga digunakan untuk menyegel karung beras agar bebas dari serangga. Mesin ini dijual dengan harga sekitar Rp 14 juta rupiah.

 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, vacuum sealer merupakan mesin yang sangat berguna untuk mengawetkan bahan makanan, terutama rendang. Dengan menyedot udara, proses pembusukan akan berlangsung lebih lambat dan bahan makanan akan lebih awet dalam jangka waktu yang lama. Ada berbagai jenis vacuum sealer yang tersedia di pasaran, mulai dari yang cocok untuk skala kecil hingga yang portabel dan cocok untuk dibawa ke mana saja. Namun, perlu diingat bahwa mesin vacuum sealer yang bagus tidak hanya dapat digunakan untuk rendang seperti penjelasan di atas, tetapi juga untuk berbagai jenis makanan lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat usaha dalam bisnis rendang kemasan atau ingin menjaga bahan makanan Anda tetap segar dalam jangka waktu yang lama, Anda memerlukan mesin vacuum sealer yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.